Tips Usaha Es Buah & Es Campur yang Menguntungkan

Salah satu jenis menu kuliner yang sangat cocok dengan iklim di Indonesia adalah berbagai macam olahan es, saking banyaknya jenis es yang dijajakan di sekitar kita, hingga terkadang kita sampai bingung sendiri untuk memilih mana yang rasanya enak dan harganya murah. Nah dari sekian banyaknya jenis olahan es segar, es campur dan es buah menjadi 2 jenis yang paling digemari oleh kalangan menengah ke bawah di Indonesia, dengan harga bervariasi mulai dari Rp 5.000- 10.000, 00, kita bisa mendapatkan satu bungkus es yang segar ini.

 
sumber gambar : berrykitchen.com

Apalagi ditambah dengan adanya momen puasa Ramadhan saat ini, usaha jenis ini akan sangat banyak bermunculan karena memang banyak orang yang akan mencari es segar di sore hari, mengingat cuaca saat ini bisa dibilang sedang kemarau dengan suhu panas yang cukup membuat tenggorokan kering.

Sebenarnya banyak kisah sukses tentang usaha es buah dan es campur, namun dari pengalaman saya selama ini, 80% penjual es buah dan es campur tidak bisa merasakan sukses yang sebenarnya dari usahanya tersebut, bukan karena rasa es buatannya yang kurang enak, namun mereka kurang memahami strategi dan sistem bisnis dalam usaha yang satu ini. Begini contohnya, kalau ada penjual es buah yang memakai gerobak, pakaiannya kotor, dagangannya kurang bersih, penampilannya jorok, dan es buahnya dibungkus dengan plastik yang tipis dan bau walau harga satu bungkusnya hanya Rp 5.000, 00, lalu di seberang jalan ada penjual lain yang memiliki lapak dengan tempat duduk yang nyaman dan bersih, penyajiannya dengan mangkuk dan gelas plastik yang rapi, penjualnya bersih dan sopan, walau harga es tersebut Rp 8.000, 00, maka anda akan membeli di penjual yang mana? Kalau saya sih lebih mengejar penjual yang kedua, karena saya lebih menghargai faktor diluar makanan tersebut.

Nah untuk bisa merasakan kesuksesan dan keuntungan dari usaha es buah dan es campur ini, berikut adalah tips yang mungkin bisa anda pakai dan terapkan untuk usaha anda :
  1. Lengkapi barang jualan anda, tampilkan berbagai jenis bahan makanan yang kiranya bisa menarik perhatian pembeli di jalan, sediakan tempat yang bagus misalnya dalam gerobak kaca yang bisa diapakai untuk menaruh barang dagangan.
  2. Pastikan rasa es buah dan es campur yang anda jual terjaga, jangan terlalu manis dan jangan terlalu pelit memberikan pemanis, atau kalau perlu tanyakan kepada pelanggan agar mereka bisa menyesuaikan dengan kesukaannya sendiri.
  3. Pengemasan jangan memakai plastik, lebih baik anda memakai gelas plastik yang sudah dilengkapi dengan tutup yang rapi. Dari pengalaman saya, dengan adanya gelas plastik, biasanya harga minuman akan lebih mahal namun lebih diminati pembeli karena simpel dan mudah dibawa. (baca juga : analisa usaha toko plastik)
  4. Tempat jualan yang strategis, paling enak di pinggir jalan dimana banyak orang lewat, kalau perlu usahakan di tempat yang panas namun anda memiliki lapak yang sejuk.
  5. Usahakan harga yang anda tawarkan bukan harga yang paling mahal, namun jangan mengejar harga paling murah juga karena bisa saja dagangan anda dianggap murahan.
  6. Promosikan usaha anda, benahi sistem bisnisnya, jangan takut mengangkat karyawan untuk membantu usaha anda, yakin saja bahwa anda bisa sukses dengan usaha ini. 
Sedikit tips yang sederhana dan anda semua tahu, namun saya yakin tidak semua tips itu dilakukan dengan benar karena jika anda melakukannya dengan benar maka sepertinya usaha itu akan dengan cepat memberikan keuntungan yang berlipat.

Wirausahakan Updated at: 10:51 PM

3 komentar:

  1. Biar bahan jualannya awet dua / tiga hari seperti cincau atau cendol caranya gimana?soalnya gak punya kulkas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo makanan yang cepat basi rada repot juga yah bos, mungkin bisa diakali dengan menggunakan tempat tertutup atau dengan es batu, mungkin.

      Delete