Tips Berjualan Takjil yang Menguntungkan Saat Bulan Puasa

Takjil merupakan salah satu makanan khas yang digunakan orang untuk menu pembuka saat berbuka puasa, terkadang macam makanan takjil sangat banyak, mulai dari kolak, es, candil, gorengan, kurma, kue kering, dan beberapa jajanan pasar. Yah saya sendiri adalah orang yang sangat suka dengan yang namanya takjil saat puasa, sering saya kehabisan uang karena mengambil terlalu banyak takjil, dan akhirnya tidak termakan, namanya juga orang puasa kalau lihat makanan suka ngiler gitu hehehe.
 
Sumber gambar : Liputan6

Menjual takjil itu bisa dibilang gampang-gampang susah, gampang karena ini adalah bisnis musiman yang pastinya berpeluang ramai, susah karena makana takjil tidak tahan lama dan persaingan yang semakin ketat. Dari pengalaman saya, dahulu ada salah satu penjual takjil yang bangkrut di pertengahan bulan puasa, padahal dia menyediakan makanan dalam jumlah banyak dan lengkap, dibantu dengan 2 wanita cantik yang melayani penjualannya, namun sayang pembeli enggan ke tempat itu karena di seberang jalan banyak berkumpul penjual takjil lain, artinya dia gagal karena salah tempat jualan.

Sama seperti bisnis lain, dagang takjil juga membutuhkan strategi yang tepat agar menguntungkan, bukannya malah merugikan. Berikut adalah tips jualan takjil yang menguntungkan :
  • Menu jualan lengkap, ada kolak, es, kue kering, gorengan, sayuran, dan berbagai makanan lainnya, InshaAllah jualan anda akan laris manis diserbu pembeli.
  • Tempat jualan yang mendukung, ramai, strategis, bersih, dan aman walau berada di pinggir jalan.
  • Jam jualan yang tepat, antara waktu Ashar hingga menjelang maghrib.
  • Pelayanan yang maksimal, kalau bisa tambah pelayan di tempat jualan anda karena terkadang pada jam-jam tertentu, pembeli akan datang dengan rombongan dan berebut karena sudah dekat dengan waktu berbuka.
  • Kurang modal usaha, bisa memakai sistem konsinyasi! Penjual takjil biasanya tak menyediakan semua makanannya, mereka kebanyakan dititipi oleh orang lain yang membuat makanan.
  • Harga yang murah, coba saja anda bedakan harga jualan anda 500 perak, biasanya pembeli akan mengejar tempat jualan anda. Kalau musim puasa, harga takjil biasanya melambung cukup tinggi.
Itulah sedikit tips dalam berjualan takjil di bulan Ramadhan agar menguntungkan, ingatlah bahwa takjil adalah sebuah bisnis musiman yang akan ada waktu selesainya, jadi maksimalkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Wirausahakan Updated at: 11:49 PM

0 komentar:

Post a Comment