Informasi Tentang Investasi Online di Indonesia

Investasi merupakan salah satu kegiatan penanaman modal oleh investor ke dalam suatu wadah yang dia gunakan sebagai investasinya. Bentuk dan jenis investasi sangat beragam, mulai dari tanah, pendidikan, saham, uang asing, emas, dan lain sebagainya.


Keuntungan dan kerugian dalam sebuah investasi masih bisa didapatkan oleh pelakunya, bukan hanya keuntungan semata yang biasa digembor-gemborkan oleh tempat investasi. Sistem dalam sebuah investasi harusnya jelas agar tidak terjadi suatu perbedaan data pada akhirnya.

Saat ini investasi mulai merambah dunia maya, investasi online adalah salah satu jenis yang menurut saya cepat sekali berkembang melalui internet. Bagaimana tidak? Orang jaman sekarang pada susah kerja, senangnya nongkrongin sosial media, lalu bertapa di tempatnya si mbah dan nanyain bagaimana cepat kaya dari internet dan bla bla bla. Salah satu bentuk investasi online yang cukup terkenal adalah forex dan bitcoin, keduanya saat ini menjadi pilihan para investor yang ingin mencoba peruntungannya dalam dunia investasi.

Dari hasil pencarian saya, ternyata banyak sekali website yang membuka jasa kepada para investor yang ingin menanamkan modalnya. Sebagai salah satu informasi, ikon yang sering digunakan untuk menarik calon investor adalah fotonya Ustad Yusuf Mansur :D. Entahlah tentang kebenaran dalam investasi tersebut, saya sendiri belum mencobanya dan tidak berani bicara yang lebih jauh lagi takutnya menjadi fitnah.

Namun saya punya cerita dari teman saya, jadi ceritanya dia dulu ikut investasi online yang berhubungan dengan pertambangan yang berpusat di Venezuela. Dia meminjam uang dari bank 30juta, masukin semua untuk investasi dan beli saham, dan setelah beberapa bulan itu website udah ilang dan kontak yang ada off semua. Sakit hati bener temen saya yang satu ini, 4 tahun harus menahan malu dan menanggung beban biaya utang bank, dan dia malah kena tipu oleh kata-kata nyari uang dengan cara gampang.

Kini selain investasi online, pemerintah sendiri mengajak warganya untuk memulai investasi syariah, yang diharapkan bisa dijadikan sebagai tabungan masa depan kelak. Sebenarnya tujuan pemerintah benar, mereka mengajak kita untuk menabung demi pendidikan, kesehatan, dan hari tua yang lebih baik dari saat ini, namun sayanganya kebanyakan dari kita masih belum tahu dan belum mau tahu tentang investasi.

Investasi intu penting, namun jangan sampai salah masuk tempat investasi, yang ada bukannya untung malah buntung dan bisa saja nasib seperti teman saya yang bertahun-tahun berurusan sama bank. Carilah investasi yang aman, dan usahakan lebih real (ada bentuknya), atau paling tidak dijamin oleh pemerintah seperti bank.

Wirausahakan Updated at: 1:50 AM

0 komentar:

Post a Comment