Pengalaman Mengurus Toko Online yang Sangat Melelahkan

Di berbagai artikel bisnis yang ada di internet banyak sekali yang mengajak dan membahas bagaimana toko online sangat mudah, menguntungkan, dan seakan mengajak kita untuk bermalas-malasan dan uang secara teratur mengalir ke kantong kita dengan sendirinya, benarkah? Pengalaman saya jauh berbeda!

Pengalaman saya pribadi dalam menjalankan toko online itu sangat-sangat melelahkan, jujur saya katakan seperti itu karena memang keadaan sebenarnya. Mungkin saya yang salah dalam menjalankan sistem jual-beli online ini, namun jika saya lihat bagaimana orang menjalankan situs online-nya, sama seperti yang saya pakai. Jadi saya katakan dengan jujur sebagaimana pengalaman saya, mengurus toko online itu sangat melelahkan.

Bagaimana tidak melelahkan coba, mulai dari awal membuatnya dengan berbagai macam urusan hosting, domain, SEO, artikel, bla bla bla. Belum lagi ketika sudah mulai ada pesanan, lalu ada barang baru yang harus di update, bungkus barang pesanan lalu kirim ke pemesan, sambil nunggu stok, terus ada komplenan dari pelanggan ini dan itu huahhh pusing bener deh. Keuntungan yang saya dapatkan dari jualan online memang cukup banyak, namun dengan lelah yang begitu saya rasakan, hmmm saya sepertinya bukan orang yang begitu cocok untuk standby di depan layar komputer atau melototin gadjet mengurusi pertanyaan dari pelanggan.

Lalu kenapa banyak toko online yang sukses dan berkembang besar seperti tokopedia, bukalapak, lazada, blibli, mataharimall, olx, dan toko online pribadi lainnya? Karyawan mereka banyak bro, ada yang bertugas di post-nya masing-masing, nah kalau bosnya lagi terlihat santai, kita kan gak tau apa yang sedang di dalam pikiran dan membebaninya saat itu.

 
sumber gambar : rd.com

Bukannya saya menjelek-jelekkan bisnis online store sih, saya cuma menyadarkan bagi yang ingin dan sedang menjalankan bisnis onlinenya, jangan berfikir bisnis ini mudah dan tidak melelahkan. Emang gak melelahkan secara fisik, tapi lebih ke pikiran loh, bayangkan saja ketika kita lelah setelah berlarian dan keringat mengucur deras, hanya dalam beberapa saat saja pasti kita akan kembali fit, namun berbeda ketika pikiran kita yang lelah, bisa berhari-hari gak bisa tidur hahahaa.

Wirausahakan Updated at: 8:39 AM

0 komentar:

Post a Comment