Cara Menjual Sepeda Bekas Lebih Mahal dari Harga Beli

Faktanya kalau kita membeli suatu barang dengan kondisi baru, lalu kita menjualnya dalam kondisi bekas maka kita akan mengalami kerugian karena harga baru lebih tinggi dari harga bekasnya, dan fakta itu memang begitu adanya di lingkungan bisnis. Namun ternyata teman saya mampu mendapatkan harga jual dari barang bekasnya yang melebihi harga beli, bagaimana caranya?

Suatu ketika teman saya membeli sebuah sepeda baru (Polygon Xtrada 5.0) dengan harga baru di pasaran yang berkisar di angka Rp 5.000.000, 00. Setelah beberapa bulan, teman saya membutuhkan uang dan akhirnya berniat menjual sepeda kesayangannya itu, salah satu media yang dia gunakan adalah media online sembari menawari kepada teman-temannya dari mulut ke mulut. Setelah dipromosikan di media online dan offline, rata-rata calon pembeli hanya menawar di kisaran Rp 3.000.000, 00 saja dan teman saya tentu tidak mau mengalami kerugian yang terlampau tinggi.

Akhirnya setelah mendapat saran dari salah satu temannya yang seorang mekanik sepeda, teman saya ini membongkar sepedanya dan menjualnya per bagian. Sebagai Informasi saja, frame sepeda baru ini dibandrol hingga Rp 2.000.000, 00, belum lagi onderdil lain yang memang orisinil. Dari penjualan roda, frame, dan onderdil lainnya, teman saya malah bisa mengantongi uang hingga Rp 5.500.000, 00, bukannya rugi karena menjual barang bekas eh dia malah untung Rp 500.000, 00 dari harga belinya.

Setelah pengalaman pertama menjual barang bekas dan mendapatkan keuntungan itu, akhirnya teman saya nekad memasuki peluang bisnis yang dia temukan, beberapa waktu kemudian dia membeli lagi sepeda bekas dengan harga yang cukup murah, lalu dia membongkar dan menjual onderdilnya satu per satu dan mendapatkan keuntungan. Dia juga berani membeli sepeda baru untuk dijual onderdilnya, dan masih sama seperti sebelumnya, dia mendapatkan keuntungan dari barang bekas itu.

Peluang bisnis seperti ini memang tidak dijalani banyak orang, salah satu permasalahannya adalah ribet dalam menjual karena susahnya mencari pembeli yang membutuhkan barang itu, namun ketika ada salah satu pembeli yang berminat, hampir 90% pasti akan membelinya (kata teman saya).


Lumayan ada salah satu ilmu untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan barang bekas, sepertinya belum banyak yang berani menjalankan sistem bisnis seperti ini juga.

Wirausahakan Updated at: 9:32 PM

2 komentar:

  1. saya mau menjual sepeda polygon saya nih, kira kira boleh minta contact temannya pak

    ReplyDelete
  2. Boleh tahu dimana saya harus menjual sepeda bekas ga,daerah cikarang makasih

    ReplyDelete