Pengusaha Haruslah Seorang yang Kreatif

Ketika dulu saya membuka warung kelontong (perjuangan membuka warung kelontong), saya sudah terlambat, karena di seberang jalan sudah ada warung kelontong lain yang sudah bertahun-tahun buka. Apakah saya minder? Tidak sama sekali. Saya menggunakan kekurangan saya untuk memacu saya agar bisa melewati warung tersebut. Saya tahu warung itu sudah lama jualan, sudah lengkap, sudah punya banyak pelanggan, dengan harga jual yang lumayan murah. Lalu bagaimana saya bisa menyainginya? Saya langsung membuka warung saya seadanya, saya buka terus setiap hari, mulai pagi buta hingga jam 12 (kadang jam 2 malam), saya menyediakan tempat nongkrong, saya tambah hiburan dengan full musik, saya sediakan air panas gratis untuk para pelanggan yang ingin nongkrong sambil ngopi, saya sediakan papan catur untuk mereka yang ingin main catur, saya undang teman-teman saya agar mereka mau nongkrong di tempat saya, dagangan yang sekiranya kurang lengkap di warung sebelah langsung saya lengkapi dan saya sediakan, saya mendengar permintaan barang dari pelanggan. Saya tidak memberikan harga yang lebih murah, namun saya memberikan pelayanan yang lebih baik dari warung sebelah.

Hanya butuh beberapa bulan saja saya sudah bisa menyamai warung sebelah saya, dan kini saya sudah memiliki warung yang lebih lengkap dari warung sebelah, dan tentu saja lebih ramai pengunjung. Hampir 50% pengunjung warung sebelah memilih untuk belanja ke tempat saya.
Jadi apa yang dibutuhkan untuk bisa bersaing? Harga murah? Bukan! (harga murah bukan jaminan laris). Yang dibutuhkan adalah sebuah kreativitas seorang pengusaha, jika ada pesaing yang sukses, maka segera teliti kekurangannya, saya yakin semua orang sukses memiliki kekurangan. Jika anda menemukan satu, dua kekurangan mereka, segera masuki kekurangan tersebut dan jadikanlah sebagai kelebihan usaha anda, jadikan itu semua senjata anda untuk bersaing, tentu dengan cara yang benar.

Kreativitas seorang pengusaha tidak terbatas, selalu ada ide-ide baru, selalu ada peluang baru, dan selalu ada kesempatan baru untuk mereka yang mau berusaha dan tentu saja kreatif. Maka saya sarankan, mulailah usaha anda, taburi dengan bubuk ide kreatif anda, dan tentu saja dengan fokus untuk usaha anda tersebut, maka tunggulah beberapa waktu dan rasakan saat-saat anda menang dalam persaingan.

Wirausahakan Updated at: 11:36 PM

0 komentar:

Post a Comment