Pengusaha Harus Memiliki Sikap yang Tegas

Dulu di awal saya mulai berjualan di toko pertama saya (Cara saya membuka toko modal 2 juta), saya sebenarnya adalah orang yang bingung dan tidak tahu arah mana yang harus saya tuju. Bagaimana tidak bingung, saat itu saya belum memiliki jenis barang dagangan yang pasti karena saya menjual barang otomotif dicampur dengan perlengkapan rumah, kan gak nyambung yah! Akhirnya terkadang saya merasa kebingungan sendiri mau memilih mana, mengingat toko saya harus dikenal dengan barang khususnya (sebuah usaha harus memiliki nama). Hingga akhirnya saya memilih untuk fokus mengurusi toko aksesoris motor saya dan meninggalkan perlengkapan rumah, walaupun akhirnya banyak pelanggan saya yang berlalu karena tahu saya sudah tidak menjual perlengkapan rumah.

Mungkin saya salah mungkin saya benar, namun apapun resiko yang harus saya hadapi, itu adalah sikap saya sebagai seorang pengusaha muda. Saya harus mengikuti kata hati saya dengan mempertimbangkan kemajuan usaha jangka pendek dan juga jangka panjang, maka itu adalah pilihan saya dan saya akan memperjuangkannya.
Tidak jauh berbeda dengan anda yang baru akan memulai usaha namun belum memiliki arah dan tujuan pasti, mau dagang bingung dagang apa? Mau membuka usaha di mana? Mau modal berapa? dan lain sebagainya yang jika anda pikirkan terus menerus maka anda tidak akan menemukan jawaban yang pasti. Jika anda ingin menemukan jawaban yang benar atau salah, anda harus mencobanya dahulu, jangan hanya mendengarkan kata orang saja, mereka belum tentu benar. Ingatlah cara yang dipakai orang lain belum tentu cocok saat kita pakai, maka temukan jalanmu sendiri dengan pilihanmu.

Semua pilihan memiliki resiko, namun tidak semua pilihan beresiko, jadi pilihlah sesuatu yang menurut anda memiliki resiko lebih kecil dan bisa berkembang maju. Dengarkan kata hatimu sendiri, dengarkan mereka yang sudah menjalaninya, saring saran semua orang, dan beraksilah segera.

Wirausahakan Updated at: 11:17 PM

0 komentar:

Post a Comment