Ini yang Membuat Banyak Orang Enggan Berwirausaha

Sedikit curhat dulu, saat ini saya sedang mengalami penurunan penjualan dari usaha saya, dan jika penjualan menurun maka yang terjadi adalah keuntungan yang ikut menurun, hal tersebut sudah saya alami selama beberapa bulan terakhir ini. Kalau alasannya, saya lebih menyalahkan diri saya sendiri karena saya tidak profesional, penyebab dari luar saya abaikan karena saya tidak ingin mencari kambing hitam dengan keadaan saya ini.

Curhatan saya di atas adalah salah satu hal yang membuat banyak orang tidak mau masuk dalam dunia usaha, bayangan kegagalan di awal memulai usaha, kesulitan mempertahankan usaha, ketidak mampuan mengembangkan usaha, dan bertahan di kala susah adalah hal yang sangat menyakitkan dalam dunia usaha ini. Sungguh saat ini saya merasakan keadaan yang sangat menyulitkan, jangankan memikirkan keuntungan, bisa terus berjualan saja saya sudah mulai mengalami masalah, maklum tempat jualan saya rada jauh dari rumah jadi mau gak mau tiap hari saya harus mengeluarkan ongkos untuk transport dan jatah makan siang saya (terkadang saya malah tidak makan siang).

Kalau dipikir-pikir dalam keadaan seperti ini, jika saya ingin menyerah dalam dunia usaha si bisa-bisa saja, saya memiliki ijazah dari hasil kuliah saya, saya memiliki teman-teman yang bisa memberikan lowongan kerja, saya memiliki tawaran pekerjaan, saya bisa kapan saja menyerah dalam dunia usaha, namun saya berfikir lagi, jika saya bisa berhenti nanti kenapa harus sekarang. Semangat berwirausaha ini yang saya terus jaga, saya perjuangkan, dan saya tanamkan dalam keyakinan saya, ADA SAATNYA!
Jika anda tidak kuat menghadapi keadaan yang pahit tanpa kepastian dalam dunia usaha, sebaiknya anda berfikir lagi jika mau memulai usaha, buka saya menghalangi niat anda, namun saya hanya ingin memberitahukan kepada anda jika dunia usaha ini tidaklah semudah yang dibayangkan, jadi keadaan pahit yang nantinya akan dihadapi harus anda siapkan diri anda untuk menghadapinya. Semoga dengan coretan saya ini, anda bisa mengambil sedikit pelajaran dalam dunia usaha, bukan hanya kata-kata manis yang ditawarkan orang lain, namun sesungguhnya ada keadaan menyakitkan dalam dunia usaha ini, dan anda harus tahu itu.

Wirausahakan Updated at: 7:19 AM

0 komentar:

Post a Comment