Bayangan Kegagalan saat Memulai Usaha



Kegagalan adalah sebuah momok menakutkan ketika memulai usaha, rasa pesimis dengan apa yang akan terjadi, ketakutan akan kegagalan selalu menghantui, rasa malu yang akan diterima jika datang kegagalan selalu terlintas di pikiran kita. Sebenarnya definisi kegagalan adalah ketika benar-benar menyerah, dan tidak ada kemauan untuk mencari solusi dari permalahan yang dihadapi.

Seperti itulah keadaan saat memulai usaha, hampir semua orang yang memulai usaha akan selalu mengalami keadaan seperti itu, hingga kadang membuat otak berfikir negatif dan dihantui kegagalan setiap saat, bukannya mencari solusi mengatasi masalah yang dihadapi, tapi malah melamuni diri.

Sebenarnya pola pikir kegagalan itulah yang akhirnya membuat rencana usaha benar-benar gagal, rencana bagus yang sudah dirancang sedemikian rupa akhirnya harus tergerus satu per satu hanya karena pemikiran tentang kegagalan yang sebenarnya belum terjadi. benarkah akan selalu turun hujan saat langit mendung? tentu tidak! karena kadang kala langit sangat mendung dan tidak turun hujan, akan tetapi saat langit cerah tiba-tiba turun hujan deras. hujan hanya akan terjadi saat langit menjatuhkan butiran air ke bumi. Seperti itulah pola pikir tentang kegagalan, ketika keadaan mulai berubah tidak seperti harapan, maka bayangan kegagalan seakan menghantui. Dagangan tidak laku, toko sepi pembeli, barang dagangan rusak, harga yang tidak stabil, dan masalah-masalah lainnya yang datang.

Perlu diperhatikan, bahwasanya jalan seorang wirausahawan adalah jalan rusak, berlubang, bergelombang, dan kadang buntu. Tidak ada jalan mulus untuk seorang wirausahawan, mereka akan selalu menemui kesulitan-kesulitan dalam perjalanannya dalam berwirausaha.

Pernahkah mendengar ucapan seseorang yang berkata "jangan mengaku sukses kalau belum pernah gagal"? Orang yang sukses adalah orang yang pernah gagal, bahkan sering gagal. bisa anda tanyakan kepada seseorang di dekat anda yang menurut anda sukses, tanyakanlah apa dia pernah mengalami kegagalan? Jika orang itu jujur pasti dalam perjalananny pernah bertemu dengan kegagalan, itu adalah hal yang sangat lumrah.

Faktor kegagalan dalam dunia wirausaha merupakan sahabat yang selalu mendampingi, jadi tidak usah terlalu mengkhawatirkan kegagalan, jika gagal coba lagi! mudah memang berbicara seperti itu, akan tetapi keadaan yang dihadapi kadang lebih menyakitkan dan memaksa untuk berhenti, menyerah, dan melamuni yang terjadi. Sebenarnya memang udah menghadapi kegagalan, kita hanya perlu mengetahui sejak awal apa itu kegagalan, maka tidak ada kata gagal dalam usaha, yang ada adalah belum berhasil.

Jika dalam awal usaha, anda sudah ketakutan dengan kegagalan, maka anda sudah gagal sebelum memulai usaha, jikapun anda tetap melanjutkan usaha dengan ketakutan terhadap kegagalan, maka anda seperti seorang penjudi yang melanjutkan permainan walaupun anda sadar anda sudah kalah.

Suatu ketika, saya mempunyai sebuah gagasan usaha untuk berdagang di sebuah pasar, saya sangat bersemangat untuk memulainya, saya menyiapkan segala keperluan yang nantinya akan dibutuhkan untuk menjalankan usaha, kemudian saya mulai mencari informasi tentang usaha itu. Saya sibuk menyiapkannya dan membayangkan keberhasilan yang akan saya dapatkan, hingga akhirnya terlintas sebuah pikiran negatif tentang kegagalan, lalu menjalar menjadi sebuah ancaman, membuat ketakutan dan menyingkirkan gagasan saya tentang usaha yang sudah dirancang, dan apa yang terjadi? Saya terlalu takut memulai dan memilih untuk menunda hingga akhirnya saya tidak pernah memulai usaha itu hingga saat ini.

Wirausahakan Updated at: 5:16 AM

0 komentar:

Post a Comment