Patreon : Tujuan Migrasi Baru Para Pembuat Konten Profesional

Berawal dari rasa penasaran saya mengenai para pembuat konten di YouTube yang berbasis musik dimana mereka tidak memasang iklan sama sekali di dalam channel-nya. Dengan jutaan tayangan yang didapatkan, saya bertanya-tanya mengenai pendapatan mereka dari konten tersebut.


Ketika para kreator, sebut saja musisi peng-cover lagu ingin menunjukkan aksinya dengan video mereka. Maka sepertinya tidak ada jalan untuk mereka bisa mendapatkan uang dari YouTube, secara menurut kebijakan YouTube sendiri, tidak boleh melanggar hak cipta seseorang demi keuntungannya sendiri, salah satunya ya musik itu sendiri.

Beberapa kali saya mendapati video super keren dengan skill yang menakjubkan, channel mereka diikuti oleh ribuan, puluhan ribu, ratusan ribu, ah bahkan jutaan fans. Namun mereka tidak bekerja sama dengan program periklanan YouTube (alasannya mungkin karena hak cipta). Lalu, darimana mereka bisa mendapatkan keuntungan atas kreasinya?

Pertanyaan yang cukup lama tak terjawab itu akhirnya mulai terkuak ketika saya menonton video cover bass dari lagu-lagu rock. Di dalam deskripsi videonya terdapat salah datu link menuju ke website yang menurut saya cukup menarik (iya, soalnya saya baru tahu).

Patreon, nama yang membuat saya penasaran karena setelah saya melihatnya secara langsung ternyata banyak hal menarik di dalamnya.

Patreon adalah sebuah platform urun dana yang dibuat oleh Jack Conte dan Sam Yam, diperuntukkan bagi seniman (baru) yang punya kualitas dan para fans khusus yang setia dengan karya seni berkualitas tinggi dari seniman baru yang belum terkenal namanya.

Jadi, menurut informasi yang saya baca sih katanya di Patreon ini menjadi tempat para seniman meminta 'sumbangan' untuk karya seni yang akan mereka bikin. Nah, para fans khusus di dalam Patreon yang kemudian menyumbang dana untuk mereka, mulai dari $1 hingga puluhan dollar sekalipun.

Situs yang satu ini konsepnya mirip seperti KickStarter, indeogogo atau mungkin kitabisa. Intinya mereka menyediakan tempat bagi para seniman berbakat untuk mendapatkan sumbangan dari fans sejati yang tidak pelit. Yah, semoga penjelasan ini benar.

Jika situs ini semakin berkembang dalam waktu dekat, bukan tak mungkin program periklanan akan tersaingi dengan program sumbangan dana untuk para seniman. Sepertinya dengan adanya situs ini, para seniman merasa lebih dihargai dan lebih dekat dengan fans mereka.

Wirausahakan Updated at: 2:25 AM

0 komentar:

Post a Comment