Tips Agar Tetap Konsisten Dalam Menjalankan Bisnis Hingga Sukses

Manusia selalu dihadapkan dengan 2 pilihan yang sulit dalam hidup ini, terus maju dengan berbagai permasalahan yang ada atau mundur untuk menghindari masalah sulit. Keduanya punya resiko yang sama besarnya, jadi semua itu tergantung kepada diri kita masing-masing.


Saya menemui banyak sekali pengusaha muda yang gagal dalam waktu yang sangat singkat, diantaranya :
  1. Pengusaha makanan yang bertahan hanya beberapa minggu saja karena dagangannya sepi
  2. Kerjasama usaha yang bubar karena masalah omset dan tidak harmonis
  3. Pengusaha muda menyewa lapak dan menyia-nyiakan uangnya karena tidak dijalankan dengan berbagai alasan
  4. Pengusaha musiman berhenti jualan karena musim telah berganti
  5. Pedagang yang kalah saing akhirnya menyerah dan berhenti berjuang.
Dan masih banyak lagi kisah kegagalan bisnis yang saya temui selama ini. Itu adalah pelajaran penting untuk saya dalam menjalankan usaha.

Saya sendiri bukanlah pengusaha yang sukses dan kaya raya dari usaha, namun saya sudah sangat bahagia karena sampai saat ini Alhamdulillah usaha saya masih berjalan dan saya masih punya kesempatan untuk mengembangkannya lagi.

Suatu ketika ibu saya pernah bertanya : "kamu usaha kok gitu-gitu aja?"

Saya hanya menjawab : "gitu-gitu juga masih jalan, yang lain udah banyak yang tutup"

Sering loh saya dagang berhari-hari tapi gak ada penjualan sama sekali. Kalau ditanya apakah saya bosan? Tentu saja! Tapi saya putuskan untuk tidak mengeluh sama sekali, pasalnya masih ada jutaan orang yang masih memikirkan untuk memulai usaha namun belum terlaksana, sedangkan saya sudah satu langkah di depan mereka.

Berbicara tentang sebuah konsistensi dalam bisnis adalah sebuah hal yang sensitif, apalagi jika anda membicarakannya dengan pengusaha yang pernah gagal atau masih stagnan di usahanya. Mereka biasanya akan mengeluhkan bisnisnya yang tidak bisa berkembang.

Kita tidak tahu sama sekali kapan usaha kita akan bangkrut atau maju pesat. Saya jadi teringat dengan sebuah percakapan di film "Last Samuari", saat itu ada kalimat yang berbunyi "kita tidak tahu bagaimana nasib kita, yang harus kita lakukan adalah memperjuangkannya dan melihatnya di akhir".

Bagaimana caranya konsisten menjalankan bisnis jika kondisinya sedang buruk?
  • Pengusaha sukses yang kini kaya raya, dulunya harus berjuang dari bawah dengan perjuangan yang mungkin lebih berat dari kita semua. Mereka konsisten dan kini bisa melihat takdirnya untuk sukses, bukan?
  • Kita tidak tahu kapan ada orang yang akan memborong dagangan kita dan memberikan keuntungan berlipat. Kalau sepi, ngapain tokonya ditutup? Lakukan hal yang bermanfaat.
  • Bisnis itu uang? Bisnis itu adalah seni! Banyak seniman yang tidak terkenal sama sekali namun tetap menjalankannya.
  • Orang lain baru punya keinginan, kita sudah satu langkah di depannya dengan menjalankannya, mau nyerah?
  • Ingat semua perjuangan selama ini, ingat semua uang yang telah dikeluarkan, ingat hinaan dan cacian mereka, ingat kegagalan bisa anda buat saat ini juga dengan berhenti berusaha, lalu kenapa harus sekarang?
Konsisten bisnis adalah hal yang sangat berat, apalagi dalam situasi yang sulit. Namun jika anda bisa bertahan dalam kondisi yang sulit, maka anda akan semakin kuat sebagai seorang pengusaha.

Wirausahakan Updated at: 10:52 PM

0 komentar:

Post a Comment