Tips Berjualan yang Baik & Benar di Bukalapak Agar Barang Dagangan Laris

Bukalapak saat ini bisa dibilang menjadi tempat promosi terbaik untuk para pebisnis online yang ada di Indonesia, bahkan BL hampir selalu ada di halaman pertama mesin pencari Google ketika kita mengetikkan salah satu produk yang kita cari, itu artinya peluang barang dagangan yang kita pajang di Bukalapak memiliki kesempatan untuk laku lebih baik dibandingkan yang lain semisal iklan di OLX, Tokopedia, atau lainnya.

Banyak sekali penjual baru yang bergabung dan membuat akun di bukalapak, namun faktanya dari banyak pelapak yang ada di sana, hanya sebagian saja yang berhasil sukses dan mendulang jutaan rupiah dari bisnisnya, dan sebagian lainnya hanya memiliki akun yang terbilang pasif karena kurang update atau memang tidak maksimal.

Saya pribadi adalah pelapak yang pasif di BL, bukan karena saya tidak ingin sukses dengan menjual produk di bukalapak, namun saya memiliki keinginan tersendiri untuk bisa mandiri dan sukses di dunia online dari usaha mandiri saya. Namun saya memiliki beberapa tips untuk bisa sukses berjualan di bukalapak, dan tips ini adalah kumpulan dari pengalaman dan informasi yang saya dapatkan selama ini, berikut adalah tips sukses jualan di BL :

  • Menjadi Pelapak yang Aktif
Kalau kita ingin disukai oleh pelanggan, kita harus aktif di BL karena saat kita login di BL akan terekam oleh sistem. Pembeli akan tahu kapan terakhir kita login di sana, jadi ketika kita terlihat aktif maka ada peluang pelanggan akan berminat dengan produk kita.
  • Menjadi Pelapak yang Update
Berapa banyak produk yang anda update di lapak anda? Jika kita hanya memposting satu produk dan meninggalkannya dengan harapan akan ditemukan oleh pembeli, dan ternyata iklan kita sudah hilang, maka itu tandanya kita tidak update. Sebenarnya banyak pembeli yang memperhatikan gerak-gerik kita, akun kita dipantau dan diperhatikan bagaimana pergerakan kita.

  • Memiliki iklan yang lengkap
Coba kita cari salah satu produk yang ada di BL dan bandingkan, pasti ada produk yang memiliki keterangan yang sangat lengkap, dan itu akan semakin meyakinkan pembeli untuk mengambil produk kita. Bandingkan dengan iklan yang hanya gambar saja tanpa keterangan produk, itu malah akan membingungkan pembeli.

  • Mampu bersaing dalam segi harga & kualitas
Jadilah pelapak yang pintar! Ketika kita akan menjual salah satu produk, cobalah cari informasi tentang harga, kualitas, dan bagaimana respon pembeli terhadap produk itu. Saya sering tertawa melihat pelapak yang dengan PeDe-nya memasarkan produk dengan harga selangit, padahal pelapak lain memasang harga yang sangat-sangat murah. Memang yang namanya rejeki tidak bisa tertukar, namun kalau kita memiliki harga yang murah tentunya akan menarik bukan? kita punya barang ori akan menarik bukan?

  • Mengetahui trik & rahasia sukses di BL
Apa rahasia sukses di Bukalapak? Rahasia yang tesembunyi sangat banyak, bahkan beberapa waktu yang lalu saya menuliskan sebuah artikel tentang penjualan akun BL dengan harga 8juta, hanya akun saja loh. Jadi kalau satu akun bisa bernilai sangat mahal, apa rahasianya? Kepercayaan!

  • Memiliki ketersediaan produk yang baik
Apakah anda akan membeli produk dari pelapak yang hanya memiliki stok 5pcs saja? Sedangkan pelapak yang lain memiliki stok 100pcs. Bagaimana jika pembeli adalah seorang penjual yang ingin membeli untuk dijual lagi, tentu mereka akan memperhatikan jumlah stok di lapak kita.

  • Manfaatkan fitur yang tersedia di BL
Kalau kita mau modal, maka kita akan diistimewakan! Begitulah kehidupan nyatanya, jadi kalau kita mau memakai fitur tambahan dengan harga sekian, maka iklan kita akan berada di atas, terlihat, dan lebih menarik perhatian pembeli.

  • Yakin, terus berusaha, dan berdo'a
Mengiklan di bukalapak sama saja dengan jualan di dunia nyata, yakin akan sukses, berusaha seakan Tuhan tak akan membantu, dan berdo'a kepada Tuhan, maka kesuksesan tinggal menunggu saatnya saja.


Tips ini hanya sebuah tulisan, tidak akan berguna sama sekali jika tidak dipraktekkan, jadi terserah anda mau mempraktekkan atau hanya mengingatnya saja dan beberapa waktu kemudian anda akan lupa dan tak ingat sama sekali dengan tips ini.

Wirausahakan Updated at: 11:06 PM

0 komentar:

Post a Comment