Analisa Lengkap Usaha Jual-Beli Beras

Beras adalah salah satu barang pokok untuk orang Indonesia, bahan mentah dari nasi yang merupakan makanan utama sehari-hari bagi masyarakat kita hingga ada pepatah yang mengatakan "orang Indonesia belum kenyang kalau belum makan nasi". Dan ini adalah peluang usaha yang sangat potensial karena memang barang ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Kali ini saya akan mencoba memberikan analisa lengkap usaha beras yang menguntungkan, informasi yang saya tuliskan berdasarkan pengalaman pribadi karena keluarga saya juga berbisnis beras, dan saya mengenal beberapa agen beras yang cukup besar. Banyak ilmu yang bisa saya dapatkan dan saya terapkan, dan kini saya mencoba menuliskan di sini.

Modal memulai Bisnis Beras
Untuk memulai jual-beli beras, modal yang diperlukan bergantung dari berapa karung beras yang akan anda stok di toko beras anda. Satu karung beras biasanya berisi sekitar 20-50kg, dengan harga sekitar Rp 8.000, 00 per kg, jadi untuk satu karung kecil memerlukan modal sekitar 200ribu. Jika ingin menyediakan 10 karung maka butuh modal sekitar 1juta (untuk satu jenis beras).

Menentukan Agen Kulakan beras
Bulog biasanya menjadi agen utama untuk membeli beras yang akan dijual, bulog juga menjadi penentu harga beras di masyarakat. Namun tahukah anda dimana mendapatkan beras dengan harga yang lebih murah? Di tempat penggilingan padi, langsung kepada petani, dan beras dari tempat orang yang sudah hajatan. Di ketiga tempat itu, anda bisa mendapatkan beras dengan harga yang jauh lebih murah.

Cara Memasarkan Beras
Untuk memasarkan beras akan lebih tepat menggunakan media offline, bisa dengan membuat toko beras, di rumah, di pasar, atau yang paling mantap adalah dengan mengantar langsung ke rumah pelanggan. Buatlah orang mengenal anda sebagai penjual beras yang lengkap, murah, dan berkualitas maka pelanggan akan datang sendiri ke tempat anda.

Perhitungan Keuntungan Usaha Beras
Jika anda menjual beras eceran langsung kepada pelanggan, maka keuntungan setiap 1kg berkisar antara 200-1ribu (tergantung harga beli & harga pasaran), dan dalam satu hari paling tidak untuk 1 RT saja anda bisa menjual hingga 30kg, artinya anda bisa mendapatkan keuntungan hingga 30ribu dalam penjualan 1RT saja. Lalu jika pelanggan anda 1desa dengan 20RT, maka satu hari anda mendapatkan keuntungan hingga 600ribu. Jika anda melayani pelanggan langsung, maka anda harus siap untuk lelah melayani mereka, dan jika anda ingin cara yang lebih praktis, jadilah agen yang mengisi penjual beras lainnya, walau keuntungannya kecil namun lebih maksimal.

Hal yang Harus Dihindari
Beberapa masalah yang akan dihadapi dalam bisnis beras ini adalah hutang dari pelanggan, kualitas beras yang buruk, harga yang labil, persaingan dengan penjual lain. Hindarilah hutang dari pelanggan, teliti kualitas beras yang anda beli, update harga di pasaran, dan siaplah untuk bersaing dengan pengusaha lain.

Tetangga saya yang sudah lama menjadi pengusaha beras kini bisa sukses, dengan usahanya itu dia bisa membangun rumah mewah, membeli mobil, motor, dan membangun usaha lain dengan keuntungan dari usaha beras. Sedangkan salah satu pengusaha beras yang baru memulai beberapa bulan saja, pernah mengaku kepada saya bahwa dalam 2hari mampu mendapatkan omset hingga 2juta lebih hanya dari sepuluh pelanggan.

 
sumber gambar : jokowarindo.id

Bisnis beras cukup menggiurkan, potensi berkembangnya juga lumayan dengan kebutuhan masyarakat yang pasti serta ketersediaan beras yang bisa didapatkan dari beberapa tempat yang sudah saya sampaikan di atas tadi.

Wirausahakan Updated at: 6:14 AM

6 komentar:

  1. kami membuka peluang kerjasama pengolahan beras dari kabupaten bojonegoro. Minat hub. 085733487217

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagaimana caranya untuk bermitra... Trims

      Delete
    2. Bisa hubungi saya di no. Whatsapp 082319294160

      Delete
  2. Saya bisa menyediakan beras dari jawa tengah harga bisa bersaing dan barang dijamin paling bagus min,order 5 ton bisa langsung hubungi saya di whatsapp.082319294160

    ReplyDelete
  3. Saya punya beras bagus dari jawa tengah namanya Mapan terkenal enak harga murah sampai tempat max 1,5 ton bisa ready kirim timbang lgsng bayar.

    ReplyDelete