Konsep Bisnis Food Truck Sangat Cocok untuk Orang Indonesia yang Kreatif

Food Truck adalah sebuah konsep bisnis kreatif yang awalnya dikenalkan orang luar negeri (Amrik) pada tahun 70an, mereka menciptakan sebuah bisnis yang menurut saya merupakan terobosan kreatif menanggulangi lahan jualan yang sulit dan terkadang mahal. Bisnis ini biasanya adalah bisnis kuliner misalnya burger, pizza, sandwich, kue, kopi, teh, susu, dan lain sebagainya yang dijual melalui truk yang sudah dimodifikasi.


Keuntungan dalam bisnis dengan sistem food truck ini cukup bagus, selain menghemat biaya untuk tempat jualan, bisnis ini juga bisa dibawa untuk keliling sambil mencari tempat yang ramai dimana banyak orang berkumpul. Biasanya di taman, pameran, atau tempat olahraga menjadi tempat favorit tujuan bisnis ini.

Bisnis ini memiliki kelebihan dan kekurangan, silakan anda pertimbangakan terlebih dahulu sebelum memulai bisnis yang satu ini. Diantara banyak kelebihannya, diantaranya adalah tempat yang bisa dijangkau, tanpa sewa tempat dan listrik (ambil dari aki), menarik perhatian, fleksibel, dan tak membutuhkan banyak karyawan. Kekurangannya adalah bahaya yang ditimbulkan dari peralatan di dalam mobil, misalnya kompor yang beresiko meledak di dalam mobil, kebersihan, modal kendaraan yang cukup besar, dan faktor harga yang biasanya agak mahal.

Memang benar ini adalah bisnis food truck yang kalau diartikan dalam bahasa Indonesia menjadi truk makanan, namun nyatanya orang Indonesia benar-benar kreatif dalam memodifikasi bisnis yang satu ini. Dari pengalaman saya, banyak loh pedagang yang merubah konsep ini mulai dari merubah truk untuk jualan diganti dengan mobil bak terbuka (misalnya penjual tahu bulat), ada juga yang mengganti dengan mobil keluarga (dagangan ditaruh di jendela dan atas mobil), mengganti dengan motor roda 3, dan yang paling unik tentu mengganti dengan motor (misal penjual cilok keliling).

sumber : 1cak
Selain mengganti kendaraannya, banyak pedagang yang merubah barang jualannya juga, yang awalnya jualan makanan kini sudah sangat beragam jenis jualannya. Saya pernah mendapati ada yang jualan sepatu, baju, helm, jas hujan, aksesoris, perabotan rumah tangga, dan tanaman hias dengan sistem food truck ini. Hayooo, benar bukan kalau orang Indonesia paling kreatif dalam mengembangkan sesuatu, mereka cukup diberi inspirasi dan boom akan mereka kelola dengan cara mereka sendiri.

Sistem bisnis food truck ini terbilang sangat potensial, entah anda di dalam kota maupun di desa, anda masih bisa mencoba bisnis ini dan menjajakan dagangan anda dengan kreatif. Sistem ini sangat manjur untuk menjaring pelanggan karena kita yang mendatangi pelanggan dan mereka benar-benar RAJA. Kalau anda punya modal tapi tak punya tempat dan anda sudah siap usaha, saya rasa anda bisa mencobanya.

Wirausahakan Updated at: 1:09 AM

0 komentar:

Post a Comment